gambar

Minggu, 17 Juni 2012


ELEKTROSKOP
Salam hangat untuk semuanya.......
Gimana kabar kalian pasti baik-baik sajakan, kita berjumpa kembali dalam pembuatan alat peraga yang sederhana dan mudah dipraktekkan. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas seatu alat peraga yang dapat digunakan untuk mendeteksi ada tidaknya muatan elektron, nama alat tersebut adalah elektroskop.  Dalam kesempatan kemarin kita berhasil membuat suatu tiruan elektroskop yang sederhana dan mudah untuk dibuatnya. Adapun alat dan bahan yang diperlukan adalah

  1. Toples kecil                         1 buah 
  2. Kawat / konduktor                secukupnya
  3. Alumunium Foil                    secukupnya
  4. Penggaris mika                     1 buah

Adapun cara pembuatannya sangat muda, cukup dengan beberapa tahap saja :
  1. Siapkan toples yang akan digunakan kemudian tutup toples itu diberi lubang secukupnya / sesuai ukuran kawat penghantar.
  2. Masukan kawat penghantar ke dalam lubang tersebut, yang mana panjang kawat tersebut harus lebih pendek dari ukuran toplesnya supaya dapat ditutup dan pada ujung tutup toples diberi sisa kawat .
  3. Potong alumunium foil secukupnya, buat 2 potongan yang sama besar.
  4. Masukkan semua potongan alumunium foil tadi ke kawat penghantar yang sudah ditancapkan di tolpes, kemudian tutup toplesnya.
  5. Gosok-gosokan penggaris mika ke kain, kemudian dekatkan penggaris yang sudah digosok tadi ke ujung kawat yang ada di atas tutup toples.
  6. Kemudian amati apa yang terjadi.

Adapun konsep dari alat peraga tersebut adalah ketika kita menggosok-gosokan penggaris mika ke kain, maka akan terjadi perpindahan elektron. Kemudian kita dekatkan penggaris yang sudah di gosok tadi ke kawat yang berada di ujung tutup toples, maka elektron yang berada di penggaris mika tadi akan mengalir melalui kawat tadi dan akan menginduksi alumunium foil yang berada di kawat bagian dalam toples, sehingga antara alumunium satu dengan yang lainnya akan saling menjauhi karena mengandung muatan yang sejenis. Demikian sedikit yang dapat kita jelaskan, jika teman-teman yang lain mau menambahi penjelasan dari kita, kita persilakan.........

Terimkasih dan Selamat mencoba.......... ^_^

Rabu, 06 Juni 2012


ALAT PERAGA KESETIMBANGAN BENDA TEGAR


Oleh : Dwi Yulianto, Lilis Muchlisoh,Nur Fatimah MN,Atiun Nisak

Hay guys.....
Bertemu lagi dalam kelas alat peraga, , , Dalam kesempatan yang berbahagia kemarin, kita telah belajar alat peraga yang bertemakan “Benda Tegar”. Alat peraga yang kita buat adalah burung dari stik ice cream.
Alat dan bahan sangat mudah diperoleh, diantaranya
  • stik ice crem
  • gunting
  • lem
  • kertas warna untuk mempercantik bila perlu 


·        kertas warna untuk mempercantik bila perlu
cara pembuatannya yaitu dengan menyusun stik ice cream dengan lem sedemikian rupa seperti gambar di bawah ini... setiap sisi dari bagian sayap diberi potongan stik ice cream,, untuk sisi kiri di letakkan di bagian bawah dan untuk sisi kanan diletakkan di bagian atas.. 


Gambar di atas adalah model sederhana dari burung yang dibuat. Untuk mengaplikasikan konsep benda tegarnya sendiri, model yang sudah jadi seperti gambar di atas diletakkan sedemikian rupa pada sebatang stik berdiri yang lain,, sehingga kita mengetahui dimana letak kesetimbangan burung-burungan di atas yaitu dengan meletakkan di suatu titik atau tempat sedemikian sehingga burung tersebut berada pada posisi kesetimbangannya / burung tersebut tidak jatuh...


kesetimbangan benda tegar/ titik berat adalah kondisi dimana suatu benda berada dalam kesetimbangan rotasi (artinya benda tersebut tidak mengalami rotasi/gerakan).


Cara untuk menemukan letak titik berat suatu benda tegar lebih mudah untuk benda-benda yang memiliki simetri tertentu, contohnya segitiga,kubus,balok,bujur sangkar,bola dan lain-lain. Letak titik beratnya adalah sama dengan letak sumbu simetrinya.


Sangat mudah bukan untuk membuatnya???? :)
Teman-teman bisa mencoba sendiri di rumah....
Ok.. segini dulu postingan untuk kali ini...
see you next time....



KONSEP KAPAL SELAM


Salam hangat untuk semuanya...
Kita bertemu lagi dalam belajar alat peraga yang asyik dan menyenangkan. Dalam keadaan yang menyenangkan kemarin,kita telah sedikit banyak mengetahui tentang konsep kapal selam. Kapal selam merupakan kapal yang bisa berlayar dibawah air dan bekerja erdasarkan prinsip kerja yang sederhana yakni kenyataan bahwa udara lebih ringan daripada air. Jika anda mengambil cangkir teh anda dan membaliknya lalu anda mendorong cangkir tersebut di dalam ember yang penuh berisi air, anda harus menerapkan banyak tekanan untuk melakukannya. Tapi begitu anda melepaskan tekanan tersebut, cangkir dengan segera akan mengapung kembali ke atas. Cangkir dapat mengapung kembali karena udara yang terjebak di dalamnya membuat cangkir lebih ringan dari air. Demikian pula pada kapal selam, kapal selam memiliki tangki besar yang disebut tangki ballast (pemberat). Kapal selam dapat menyelam dan mengapung berkat pengaturan udara yang berada di dalamnya. Ketika kapal selam harus menyelam, tangki ballast diisi dengan air laut. Hal ini membuat kapal selam menjadi berat dan tenggelam. Ketika kapal selam ingin naik ke permukaan laut, air dipompa keluar dari tangki ballast dan diisi dengan udara dari kompresor sehingga kapal selam menjadi ringan lagi dan mulai mengapung. Dalam mempelajarai konsep kapal selam kemarin, membuat suatu alat yang sederhana dengan menggunakan bahan yang mudah di dapatkan, antara lain botol air minum yang dari plastik, plastisin dan tutup bolpoint. Adapun cara membuatnya sangat murah dan mudah ditiru oleh teman-teman yang lain :

  1. Botol tadi diisi dengan air, kurang lebih 5/6 bagian atau sisakan ruang secukupnya untuk tempat udara.
  2. Pasangkan plastisin pada ujung tutup bolpoint, jangan sampai menutupi lubang pada tutup bolpointnya dan jangan terlalu banyak plastisinnya.
  3. Masukkan rakitan tutup bolpoint tadi kedalam botol yang telah terisi air.
  4. Beri tekanan pada botol sehingga rakitan tutup bolpoint tadi bisa turun, kemudian lepaskan tekanan tadi dan amati apa yang terjadi pada rakitan tutup bolpoint tadi.
  5.  Carilah konsepnya tersebut.

SELAMAT MENCOBA ............ n_n