gambar

Senin, 30 April 2012

PART 4 -----------------------> BUNYI


          Pertemuan ke empat kemaarin diisi oleh kelompok 2 dari anggota lama yaitu Meyda Azizah, Asmaniar dan Riza Nur C. Peserta yang datang lumayan banyak meskipun ada beberapa yang izin untuk mengerjakan tugas,karena saat itu masih  dalam suasana UTS. Topik yang diangkat adalah tentang “Bunyi”, ada demonstrasi dan praktik.

          Alat peraga yang didemonstasikan yaitu “Organ air” , alat peraga simpel yang bisa kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Menggunakan sebuah gelas  yang berisikan air, gelas yang berisi air tersebut disentuh dengan jari tangan yang sudah dibasahi sebelumnya dengan gerakan memutar pada bibir gelas alhasil akan terdengar suara berdenging bak alat musik yang sangat nyaring. Ketinggian kolom air berbeda akan menghasilkan bunyi yang berbeda pula. Karena :
  f=v(2n-1)
         4l
Tinggi rendah kolom air(l) berbanding terbalik dengan frekuensi(f), semakin sedikit air dalam gelas (kolom air rendah) maka frekuensi yang dihasilkan tinggi sehingga nada yang dihasilkan juga tinggi. Begitu pula semakin penuh air ( kolom air tinggi) maka frekuensi yang dihasilkan rendah sehingga nada yang dihasilkan rendah pula. Suara dihasilkan akibat gesekan jari tangan yang basah dengan bibir gelas yang mengakibatkan gelas bergetar.

          Yang kedua adalah demonstrasi tentang resonansi bunyi. Dua gelas berisi air yang sama tinggi berdekatan, salah satu gelas diletakkan jarum dibibir gelas tersebut, di gelas yang tak ada jarumnya jari dijalankan mengelilingi bibir gelas seperti demosntrasi pertama, karena getaran di gelas yang satunya terjadi resonansi di gelas yang lain yang ada jarumnya, sehingga jarum jatuh. Getaran resonansi itu dapat terlihat jelas ketika kita melihat pada permukaan air pada kedua gelas..terdapat putaran air kecil dipermukaan air dalam gelas tersebut.

          Setelah melakukan demosntrasi, peserta juga melakukan praktik membuat alat peraga sederhana menggunakan sedotan dan paper clips.  Sedotan dibentuk seperti kinciran dengan ujung2nya lancip, kemudian sedotan tersebut dilubangi tengahnya untuk ditusukkan kawat yang berasal dari paperclips yang diluruskan , setelah itu ditiup sehingga timbul suara dari kincir sedotan. Suara itu timbul karena gerakan sedotan yang memutar cepat karena ada angin dari mulut kita yang masuk ke ujung sedotan sehingga kincir sedotan bergerak cepat dan menghasilkan bunyi.

          Itu adalah sekelumit kegiatan pada pertemuan keempat dengan topik bunyi. Kekurangan dari pertemuan tersebut adalah kurang tersedianya alat yang digunakan seperti gunting dan cutter, sehingga para peserta memakai gunting bergantian oleh sebab itu mengakibatkan proses pembuatan alat peraga berjalan lambat, sehingga dapat dijadikan koreksi utnuk menyiapkan alat maupun bahan dengan matang sehingga dapat berjalan lancar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar